Monday, December 3, 2012

Welcoming December

It's already December 3rd!! Ga kerasa banget uda mau Natalan lagi, uda mau ganti tahun lagi.. Seneng banget tentunya bisa menyambut Desember yang penuh keceriaan karna uda kangen banget ama liburan :P but somehow idk if i will have some holidays with my BF or not *sigh* 

Okay okay, back to the December topic..

Dimana-mana udah berasa banget suasana Natal, entah karena Natal emang datang lebih dulu ke mall dan tempat wisata, apa emang Natal di gereja yg telat ya? Hahaha.. Pohon Natal berwarna-warni dan ukuranya besar pasti ada di dalem mal, minimal 1 buah pohon deh. Lagu-lagu Natal uda mulai diputer dimana-mana dan tiba2 lebih ngehits daripada lagu Separuh Aku nya Noah. Buat department store, Natal adalah waktu yang tepat buat ngabisin stok baju-baju lama yang tiba-tiba didiskon habis-habisan sampai menarik orang buat datang dan bahkan beli. Supermarket kecil dan besar juga sama aja, buat mereka ini waktunya ngabisin stok biskuit-biskuit dan sirup yang uda lama dan dibungkus dalam bentuk parcel yang tentunya harganya bisa jadi lebih mahal.

Well.. Kalo dipikir-pikir, Christmas is all about money ya..

Dulu tiap Christmas, gw pengen banget punya baju baru, dan pengennya itu lebih pengen dibanding punya baju baru pas Chinese New Year. Alhasil, dulu tiap Natal gw dapet baju baru, yang bahkan cuma gw pake pas hari Natal doang dan abis itu entah gw lempar kemana. Dulu tiap Natal rumah gw selalu kebanjiran parcel dari kolega bokap, yang juga ujung2nya ga dimakan dan digeletakin gitu aja sampe entah kapan, dan baru inget biasanya pas tanggal kadaluarsanya udah lewat. Dulu hampir tiap Natal ada sumbangan baju bekas, dimana gw beserta keluarga ngumpulin baju-baju bekas yang bener-bener bekas dan uda males dipake lagi buat disumbangin. Dulu tiap Natal, gw selalu nyimpen rumput dalem sepatu yg akan gw taro di bawah ranjang biar nanti kalo ada sinterklas lewat dia mampir dulu buat ngasi rusanya makan. Dulu gw lebih berharap akan kedatangan santa yang bawa hadiah sampe gw pun kadang bikin daftar kebaikan selama setahun. Selain itu gw juga berusaha jadi anak baik biar ga dikarungin sama pit hitam yang konon katanya datengnya sama sinterklas.

Ah.. Dipikir-pikir dulu hidup gw sesat juga ya x_x

Dan kalo diinget-inget, Natal itu mulai berarti buat gw sejak gw masuk SMP, dimana udah ga dapet lagi hadiah dari santa yang katanya super baik itu. Hal itu dibarengi dengan terkuaknya misteri bahwa santa sebenernya adalah orang tua kita, terus kecewa karna santa sebenernya ga ada, terus sedih karna ga dapet hadiah dari santa lagi padahal tetep dapet hadiah dari ortu juga. Terus kembali berpikir tentang betapa sia-sianya gw tiap malem Natal nyabutin rumput bahkan sampe milih rumput yang bagus hanya demi untuk makanan si rusa padahal rusa itu ga pernah sekalipun datang.

Ini sebenernya yang salah adalah dongeng sinterklas, atau makna Natal itu emang ga pernah disampaikan sama ortu ya? Atau mungkin udah disampaikan tapi bahkan gw yang pura-pura ga denger apa-apa dan ujung-ujungnya lupa?

Lalu masihkah anak-anak sekarang mengharapkan hal yang sama seperti gw?

Masihkan mereka takut sama pit hitam yang katanya bakal ngarungin anak-anak nakal?

Masihkah Natal itu hanya sebagai ajang bersenang-senang, pesta, dan dapet hadiah?

Masihkah Natal jadi sarana kebohongan ortu menyampaikan hadiah yang katanya dari sinterklas?

Well.. Gw mungkin ga bisa menjawabnya karena gw belum punya anak, dan juga anak-anak les gw cuma sedikit yang beragama Kristen. Tapi kok kayaknya Christmas betul-betul dirayakan seluruh penduduk dunia, baik yg Kristen maupun enggak. Apakah segitu meriahnya? Segitu spektakulernya?

Jadi yang menarik mereka itu apa? Hura-huranya? Pestanya? Pohon Natal dan hiasannya? Atau Yesusnya yang lahir di hari Natal itu?

No comments: